Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Buku Anutan Penyusunan Standar Operasional Mekanisme Satuan Paud

Apa kabar ayah bunda eksklusif saja kini kami akan coba membahas dan membagikan format file wacana buku fatwa penyusunan standar operasional mekanisme satuan PAUD namun menyerupai biasa alangkah baiknya biasakan sedikit membaca pembahasan yang akan kami rangkum semoga ayah bunda memahami isi materinya terlebih dahulu.

Contoh buku fatwa penyusunan standar operasional mekanisme satuan PAUD



SOP PENATAAN ALAT BERMAIN

1.Judul

  • Penataan alat bermain
2.Tujuan

  • Menumbuhkan sikap taat terhadap hukum sehari-hari semoga bisa menjadi disiplin.
  • Menumbuhkan sikap yang mencerminkan kemandirian.
  • Mengembangkan sikap yang mencerminkan sikap tanggung jawab.
  • Menumbuhkan minat anak bermain dan menyebarkan pengalamannya dengan alat yang disediakan.
  • Mengembangkan sikap, pengetahuan, dan keterampilan sesuai dengan yang tertuang dan RPPH.
3.Referensi
  • Permendiknas No. 146 tahun 2014
  • Visi, Misi, dan Tujuan Lembaga
4.Pihak-Pihak terkait
  • Guru sentra/area/kelompok
5.Dokumen
  • RPPH
6.Prosedur Kerja
  • 30 menit sebelum anak datang, pendidik sudah menyiapkan alat main yang akan digunakan.
  • Lingkungan berguru yang akan digunakan di dalam ruang (indoor) dan di luar ruang (outdoor) harus bersih, aman, nyaman, dan menyenangkan.
  • RPPH yang sudah dibentuk harus menjadi contoh untuk penataan alat main
  • Penataan alat bermain harus mewakili 3 jenis main, ialah main sensorimotor, main peran,dan main pembangunan, untuk memperlihatkan pengalaman bermain yang bermacam-macam serta harus mendukung perkembangan bahasa,kognitif, dan sosial-emosional anak
  • Peletakan alat main harus sempurna sehingga anak bisa memusatkan perhatian pada acara yang dilakukannya
  • Pastikan alat main ditata di area yang aman.Jika bermain menggunakan air, pastikan bahwa lantai di area tersebut tidak licin sehingga tidak gampang terpeleset.
  • Alat main yang disediakan harus bisa digunakan dengan banyak sekali cara sehingga menumbuhkan kreativitas anak.
  • Alat main yang disiapkan harus dalam kondisi baik, lengkap jumlahnya, tidak retak/membahayakan.
  • Alat dan materi main serta buku ditata pada tempat yang gampang dijangkau oleh anak.
  • Disiapkan celemek tidak tembus air untuk digunakan ketika anak bermain air
  • Saat beres-beres harus disediakan tempat/wadah untuk menyimpan mainan sesuai dengan kategorinya
SOP PENYAMBUTAN KEDATANGAN ANAK

1.Judul
  • Penyambutan kedatangan anak
2.Tujuan
  • Membangun kenyamanan anak dengan guru dan lingkungan.
  • Membangun kemampuan berkomunikasi.
  • Membiasakan berkata dan bersikap sopan dan ramah.
3.Referensi
  • Permendiknas no. 146 tahun 2014
  • Visi, Misi, dan Tujuan Lembaga
4.Pihak-pihak terkait
  • Guru piket,
  • Kepala PAUD,
  • pengantar anak,Anak.
5.Dokumen
  • Buku kehadiran guru,
  • buku kehadiran anak,
  • jadwal piket,
  • catatan perkembangan anak.
6.Prosedur kerja
  • 15 menit sebelum anak datang, guru piket sudah siap dan berdiri di depan pintu masuk sekolah
  • Guru piket menyambut anak dengan senyuman ramah
  • Guru piket menyapa (mengucapkan salam) dan berkomunikasi dengan anak (menanyakan kabar dan perasaan anak hari ini) dengan posisi badan sejajar dengan anak.
  • Guru piket menanyakan kepada orang tua/pengantar mengenai kondisi fi sik dan perasaan anak, termasuk obat yang harus diminum bila diperlukan.
  • Bila anak tidak diantar, guru piket secara eksklusif menanyakan dan mengecek keadaan anak.
  • Catat seluruh informasi mengenai kondisi anak dan segera ambil tindakan sesuai dengan prosedur
  • Guru piket mempersilahkan anak meletakkan tas di loker, melepas sepatu dan menaruhnya di rak sepatu yang sudah disediakan.

SOP KEGIATAN CUCI TANGAN

1.Judul
  • 7 langkah mencuci tangan
2.Tujuan
  • Membiasakan untuk mencuci tangan.
  • Membiasakan untuk tertib.
  • Membiasakan untuk bertanggung jawab dengan
  • kebersihan diri.
  • Membiasakan untuk bertanggung jawab
  • terhadap kesehatan tubuh.
3.Referensi
  • Permendiknas No. 146 tahun 2014
  • Visi, Misi, dan Tujuan Lembaga
  • Kostelnik J. Marjorie et all (2007). Developmentally Appropriate Curriculum Best Practices in Early Childhood Education (4th ed.). USA: New Jersey.
  • https://duniainformasisemasa3310.blogspot.com//search?q=caramencuci-tangan-yang-benar, tanggal 04/09/2014, jam 13.26
4.Pihak-pihak terkait
  • Guru kelompok
  • wali kelas
5.Dokumen
  • Catatan perkembangan anak
6.Prosedur kerja
  • Basahilah kedua telapak tangan setinggi pertengahan lengan menggunakan air yang mengalir, ambil sabun kemudian usap dan gosok kedua telapak tangan secara lembut.
  • Usap dan gosok juga kedua punggung tangan secara bergantian
  • Jangan lupa jari-jari tangan,gosok sela-sela jari hingga bersih
  • Bersihkan ujung jari secara bergantian dengan mengatupkan
  • Gosok dan putar kedua ibu jari secara bergantian
  • Letakkan ujung jari ke telapak tangan kemudian gosok perlahan
  • Bersihkan kedua pergelangan tangan secara bergantian dengan cara memutar, kemudian diakhiri dengan membilas seluruh pecahan tangan dengan air higienis yang mengalir kemudian keringkan menggunakan handuk atau tisu.
SOP KEGIATAN SIKAT GIGI

1.Judul
  • Menyikat gigi semoga gigiku sehat
2.Tujuan
  • Membiasakan untuk menyikat gigi.
  • Membiasakan untuk tertib.
  • Membiasakan untuk bertanggung jawab dengan kebersihan diri.
  • Membiasakan untuk bertanggung jawab terhadap kesehatan tubuh.
3.Referensi
  • Permendiknas no. 146 tahun 2014
  • Visi, Misi, dan Tujuan Lembaga
  • Kostelnik J. Marjorie et all (2007).Developmentally Appropriate Curriculum Best Practices in Early Childhood Education(4th ed.). USA: New Jersey.
  • Kementerian Kesehatan RI, Buku kesehatan Peserta Didik. Jakarta
4.Pihak-pihak terkait
  • Guru kelompok
  • wali kelas
5.Dokumen
  • Catatan perkembangan anak
6.Prosedur kerja
  • Siapkan sikat gigi dan pasta gigi ber-fl uor
  • Kumur-kumur
  • Sikat semuapermukaan gigi,maju mundur,pendekpendek 8 kali gerakan, rahang atas dan rahang bawah
  • Permukaan sikat gigi menghadap langit langit dan lidah
  • Sikat permukaan gigi menghadap pipi dan bibir atas dan bibir bawah
  • Permukaan yang digunakan mengunyah
  • Kumur 1x saja,fluor masih ada
  • Bersihkan sikat gigi, simpan posisi tegak kepala di atas
SOP PERTOLONGAN PERTAMA PADA KECELAKAAN

1.Judul
  • Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan di Sekolah
2.Tujuan
  • Membiasakan untuk menjaga keamanan diri.
  • Membiasakan untuk tertib.
  • Membiasakan untuk bertanggung jawab terhadap kesehatan tubuh.
  • Mengetahui cara hidup sehat.
  • Mampu menolong diri sendiri untuk hidup sehat.
3.Referensi
  • Permendiknas No. 146 tahun 2014
  • Visi, Misi, dan Tujuan Lembaga
  • Kostelnik J. Marjorie et all (2007).Developmentally Appropriate Curriculum Best Practices in Early Childhood Education (4th ed.).USA: New Jersey.
4.Pihak-pihak terkait
  • Guru kelompok
  • wali kelas
5.Dokumen
  • Catatan perkembangan anak
6.Prosedur kerja

Memar: merupakan kondisi jawaban adanyatrauma/benturan dengan benda keras.Bisa berbentuk benjolan pada pecahan yang terantuk, kadang disertai warna kebiruan. Cara mengatasinya:
  • Memberikan kompres masbodoh pada pecahan yang terbentur untuk mencegah bertambah banyaknya darah yang merembes ke jaringan dan juga untuk mencegah pembengkakan(udema)
  • Perhatikan pada hari berikutnya abses berkurang atau tidak. Untuk mengurangi/menghilangkan pembengkakan dilakukan kompres panas selama 3-5 menit tujuannya untuk melebarkan pembuluh darah setempat,setelah itu diganti dengan dikompres masbodoh selama 1 – 2 menit. Lakukan sebanyak 4-5 kali sehari hingga abses menghilang. Ketika melaksanakan kompres panas pastikan suhu panas tidak hingga menjadikan luka bakar. Kompres panas dilakukan dengan menggunakan kantong air panas atau salep/krim pemanas kulit.
Luka parut: biasanya disebabkan lantaran adanya benda keras yang merusak permukaan kulit misal jatuh ketika berlari. Cara mengatasinya:
  • Hentikan pendarahan yang terjadi dengan cara menekan pecahan yang mengeluarkan darah dengan menggunakan kain kasa steril atau saputangan/kain bersih.
  • Dengan menggunakan air dan sabun bersihkan kawasan sekitar luka. Jika ada kerikil,kayu,atau benda lain di luka, keluarkan.

Download buku fatwa penyusunan standar operasional mekanisme PAUD

klarifikasi diatas hanya sebagian yang bisa kami ulas selengkapnya anda bisa dapatkan bukunya yang sudah kami siapkan format filenya dalam bentuk pdf dan anda tinggal unduh saja secara gratis.berikut link downloadnya ada dibawah sini.



Cukup sekian pembahasan kami kali ini wacana buku fatwa penyusunan standar operasional mekanisme satuan PAUD.agar pembahasan materi ini bisa bermanfaat share pembahasan ini jikalau anda berkenan untuk kebaikan kita semua.sampai jumpa dipembahasan selanjutnya terima kasih.

Artikel terkait:

Post a Comment for "Buku Anutan Penyusunan Standar Operasional Mekanisme Satuan Paud"