Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Pedoman Penulisan Soal Us Usbn Pas Dan Pat Sd Mi 2017/2018

Pedoman/Panduan Penulisan Soal US USBN PAS dan PAT SD MI 2017/2018 akan kami bagikan pada kesempatan kali ini. Pada buku ini sudah dijelaskan pula mengenai aneka macam teknik penulisan soal yang bagus, mulai dari soal pilihan ganda, soal uraian sampai soal HOTS. tentunya para guru sudah tidak aneh dengan kegiatan menciptakan sebuah soal. Namun, soal yang manis dan sanggup mengukur tingkat kemampuan anak akseptor didik perlu membutuhkan sebuah teknik dan memperhatikan aneka macam unsur untuk membuatnya.

Panduan Penulisan Soal SD Tahun 2017 ini tidak hanya dimaksud sebagai Panduan/ Pedoman dalam Penyusunan Soal US dan USBN SD/MI Tahun Ajaran 2017/2018, namun menjadi Panduan dalam Penyusunan Soal Penilaian Harian (PH), Penilaian Tengah Semester (PTS), Penilaian selesai Semester (PAS) dan Penilaian Akhir Tahun (PAT) pada jenjang SD/MI Tahun 2018.

Panduan Penulisan Soal US USBN PAS dan PAT SD MI  Pedoman Penulisan Soal US USBN PAS dan PAT SD MI 2017/2018

Dalam kata Pengantar Pedoman Penulisan Soal US USBN PAS dan PAT SD/MI 2017/2018 dinyatakan bahwa penulisan soal merupakan proses penentu kualitas tes maka penulisan soal perlu dilakukan secara sungguh-sungguh. Buku panduan penulisan soal ini merupakan upaya untuk membantu penulis soal menghasilkan soal yang berkualitas, termasuk soal yang mengukur berpikir tingkat tinggi. Kaedah penulisan soal, contoh-contoh yang diberikan diharapkan sanggup memperlihatkan ilustrasi bagaimana kedua bentuk tes baik tes dengan pilihan dan tes tanpa pilihan tersebut sanggup dipakai untuk menilai hasil berguru akseptor didik dan memberi informasi yang valid.

Berikut ini Tahapan Pengembangan Bank Soal:

1. Penyusunan kisi-kisi
Kisi-kisi dipakai sebagai pedoman bagi penulis soal semoga diperoleh soal yang sesuai dengan tujuan.

2. Penulisan soal
Soal ditulis oleh beberapa penulis soal menurut kisi-kisi. Soal-soal yang dihasilkan merupakan soal-soal mentah.

3. Review dan Revisi (Telaah dan Perbaikan)
Review yaitu menelaah soal mentah secara kualitatif menurut kaidah penulisan soal oleh penelaah soal. Hasil review soal diklasifikasikan menjadi soal baik, soal kurang baik, dan soal ditolak. Soal baik pribadi diterima, soal kurang baik perlu diperbaiki sehingga diperoleh soal yang baik, dan soal yang ditolak dikembalikan ke penulis.

4. Perakitan soal
Soal-soal baik selanjutnya dirakit menjadi beberapa paket soal untuk diujicobakan. Pada dikala perakitan, dimasukkan beberapa soal yang berfungsi sebagai soal linking antarpaket. Soal-soal linking tersebut diambil dari bank soal yang telah mempunyai karakteristik soal.

5. Ujicoba soal
Paket-paket soal diujicobakan kepada akseptor didik yang sedang menempuh jenjang pendidikan yang sesuai dengan jenjang pendidikan pada tes tersebut. Misalnya, soal-soal Bahasa Indonesia kelas VIII diujikan kepada akseptor didik kelas VIII di selesai tahun pelajaran atau kepada akseptor didik kelas IX di awal tahun pelajaran. Peserta didik dalam menjawab soal-soal tes tersebut harus serius seakan-akan ujian yang bekerjsama walaupun pada ujicoba ini yang akan dilihat yaitu kualitas soalnya bukan kompetensi akseptor didik. Ujicoba soal dipakai untuk mengumpulkan data empirik perihal soal berupa jawaban-jawaban akseptor didik terhadap soal.

6. Analisis kuantitatif
Data empirik dari hasil ujicoba dianalisis secara kuantitatif dengan memakai kegiatan analisis, baik klasik maupun modern. Program analisis secara klasik memakai iteman. Hasil iteman mencakup daya beda, tingkat kesukaran, penyebaran option, dan cek kunci. Selanjutnya, soal-soal tersebut dianalisis memakai teori tes modern (Item Response Theory). Program yang sanggup dipakai antara lain Bigsteps, Winsteps, Quest, Conquestuest, RUMM. Dengan memakai analisis teori tes modern sanggup diperoleh informasi kesesuaian soal dengan model (fit terhadap model), disamping tingkat kesukaran soal.

7. Seleksi soal
Berdasarkan hasil analisis soal, soal-soal dikelompokkan menjadi soal baik, soal perlu revisi, dan soal ditolak. Berdasarkan teori tes klasik soal-soal baik yaitu soal yang mempunyai daya beda tinggi, ditunjukkan dengan korelasi point biserial di atas 0,2 dan semua distraktor berfungsi. Berdasarkan teori tes modern, soal yang baik yaitu soal yang sesuai (fit) dengan model, ditunjukan oleh statistik fit, menyerupai infit atau outfit. Soal-soal baik dimasukkan ke dalam bank soal. Soal dengan daya beda rendah dan terdapat distraktor yang tidak berfungsi perlu direvisi. Soal yang tidak mempunyai daya beda dan sebagian distraktor tidak berfungsi ditolak.

Adapun Penyusunan Kisi - Kisi kami uraikan sebagai berikut:

1. Pengertian kisi-kisi
Kisi-kisi yaitu suatu format berbentuk matriks berisi informasi yang sanggup dijadikan pedoman untuk menulis atau merakit soal. Kisi-kisi disusun menurut tujuan penggunaan tes. Penyusunan kisi-kisi merupakan langkah penting yang harus dilakukan sebelum penulisan soal. Bila beberapa penulis soal memakai satu kisi-kisi, akan dihasilkan soal-soal yang relatif sama (paralel) dari tingkat kedalaman dan cakupan materi yang ditanyakan.

2. Syarat kisi-kisi
  • Kisi-kisi tes prestasi akademik harus memenuhi persyaratan berikut:
  • Mewakili isi kurikulum yang akan diujikan.
  • Komponen-komponennya rinci, jelas, dan gampang dipahami.
  • Indikator soal harus terperinci dan sanggup dibentuk soalnya sesuai dengan bentuk soal yang telah ditetapkan.

3. Komponen kisi-kisi
Komponen-komponen yang dibutuhkan dalam sebuah kisi-kisi diadaptasi dengan tujuan tes. Komponen kisi-kisi terdiri atas komponen identitas dan komponen matriks. Komponen identitas diletakkan di atas komponen matriks. Komponen identitas mencakup jenis/jenjang sekolah, kegiatan studi/jurusan, mata pelajaran, tahun ajaran, kurikulum yang diacu, alokasi waktu, jumlah soal, dan bentuk soal. Komponen-komponen matriks berisi kompetensi dasar yang diambil dari kurikulum, kelas dan semester, materi, indikator, level kognitif, dan nomor soal.

Untuk lebih lengkapnya, silakan klik tautan berikut:


Baca Juga: Seleksi Penulis Soal Nasional SD Sekolah Menengah Pertama Tahun 2018 - Balitbang Kemdikbud

Demikian Pedoman Penulisan Soal US USBN PAS dan PAT SD/MI 2017/2018. Semoga ini sanggup bermanfaat. Kritik dan saran saya harapkan untuk materi perbaikan blog ini pada masa yang akan datang. Blog komunitaspkb.com ini merupakan blog informasi dan informasi terkini seputar dunia pendidikan menyerupai informasi UKG, PKG, Sertifikasi, CPNS, Inpasing, PKB dan info penting lainnya. Untuk itu update terus blog ini supaya anda tidak ketinggalan informasi terbaru dari kami.

Post a Comment for "Pedoman Penulisan Soal Us Usbn Pas Dan Pat Sd Mi 2017/2018"