Rpph Paud Usia 3-4 Tahun Kurikulum 2013 Semester 1 Dan 2 Terbaru
Hallo ayah bunda berikut yaitu RPPH PAUD usia 3-4 tahun kurikulum 2013 semester 1 dan 2 terbaru.materi ini sengaja kami bagikan untuk membantu guru,khususnya guru PAUD dalam menyusun/menyiapkan RPPH.RPPH merupakan perangkat yang harus disusun dan dipersiapkan sebelum kegiatan pembelajaran dilakukan.untuk planning pelaksanaan pembelajaran harian merupakan sebuah contoh untuk mengelola kegiatan bermain dalam kurun waktu 1 hari yang disingkat menjadi RPPH.
planning pelaksanaan pembelajaran harian (RPPH) untuk sistem dan cara kerjanya hampir sama dengan planning kerja harian (RKH).jadi klarifikasi mengenain RPPH dan RKH itu hampir sama tetapi kalau dilihat dari sisi lain ada perbedaan dari RPPH dan RKH.RPPH PAUD di didesain oleh tenaga pengajar pada satuan pendidikan jenjang PAUD untuk pembelajaran pada setiap harinya,dan RKH sendiri dibentuk atau di desain untuk diadaptasi dengan planning kerja harian.susunan RPPH PAUD tersebut tidaklah harus baku atau tetap,namun harus meliputi komponen yang harus
ditetapkan.atau lebih jelasnya Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Harian (RPPH) yaitu unit perencanaan terkecil yang dibentuk untuk dipakai dan memandu kegiatan dalam satu hari.RPPH disusun menurut RPP Mingguan yang berisi kegiatan–kegiatan yang dipilih dari indikator
yang direncanakan untuk satu hari sesuai dengan tema dan subtema.Penulisan RPPH diadaptasi dengan model atau pendekatan yang telah ditentukan atau dipilih serta diadaptasi dengan jenis kegiatan atau Metode/Strategi, pada ketika pembuatan planning kegiatan mingguan. RPPH memuat identitas lembaga,tema/sub tema, kelompok usia, alokasi waktu, kegiatan belajar(pembukaan, inti, penutup), indikator pencapaian perkembangan,media, dan sumber belajar.
Berikut yaitu komponen RPH/RPPH PAUD :
1.Identitas program
A.memuat satuan PAUD yang akan terhubung dalam RPPH
B.semeter/hari/tanggal/minggu/bulan
C.penerapan tema dan subtema yang akan disusun kedalam aktivitas semester
D.membuat kelompok anak ditentukan dalam usia
2.Materi
materi harus sejalan dengan tujuan yang sudah terdapat di RPPM,serta dalam pengembangan perilaku yang sudah dituliskan di RPP harus masuk dalam SOP dan eksklusif hubungkan menjadi kegiatan rutin dan terapkan melalui pembelajaran setiap harinya.
Materi yang Masuk dalam Pembiasaan
alat dan materi sangat bekerjasama terkait dengan melaksanakan kegiatan yang akan guru didik kelola setiap harinya dan juga harus ditata secara baik dan lengkap supaya menarik minat berguru si anak
CONTOH alat dan materi untuk subtema tubuhku
kegiatan pembuka ditujukan supaya membantu membangun minat si anak juga mengenalkan kegiatan bermain yang sudah disiapkan,kegiatan pembuka juga sangat penting untuk mengenalkan materi pembelajaran.
Contoh Kegiatan Pembukaan di RPPH untuk subtema tubuhku
kegiatan inti harus menerapkan pendekatan saintifik 5M yakni
Kegiatan Inti untuk RPPH subtema tubuhku Model Sentra Seni
A. Anak diajak untuk mengamati alat dan materi yang disediakan
B. Anak diberi kesempatan untuk bertanya ihwal konsep warna dan bentuk yang ada di alat dan bahan.
C. Guru menanyakan konsep warna dan bentuk yang pernah ditemukan anak didalam kehidupan sehari-hari
D. Anak melaksanakan kegiatan sesuai yang diminati dan gagasannya:
6.Kegiatan Penutup
yang terperinci Kegiatan epilog dilakukan diakhir kegiatan dalam susunan komponen RPPH,kegiatan epilog juga sanggup diisi dengan kegiatan rutin untuk membangun sikap,juga minat si anak selanjutnya
7.Rencana penilaian
dan yang terakhir yaitu planning evaluasi dimana dalam waktu pembelajaran yang sudah diterapkan di inti awal komponen RPPH anda bisa melihat kelebihan si anak dalam memproses kegiatan ini dari awal dan juga memilih minat anak tergantung kelebihan dan kapasitas anak.
Kemampuan berguru anak di forum pendidikan, khususnya di forum PAUD, perlu disiapkan dengan seksama melalui layanan pembelajaran dan evaluasi yang efektif. Pembelajaran dan evaluasi yang efektif yaitu pembelajaran dan evaluasi yang terus-menerus dilakukan secara optimal.Hal ini sesuai dengan perkembangan anak yang bersifat dinamis. Untuk selanjutnya,
hasil pembelajaran dan evaluasi akan menjadi tumpuan bagi pengembangan perencanaan pembelajaran selanjutnya. Dengan demikian, pembelajaran menjadi suatu siklus utuh antara penilaian, perencanaan, dan pelaksanaan yang berlangsung secara berkesinambungan.Untuk sanggup menjaga siklus utuh di atas secara berkualitas dan terus-menerus dalam memfasilitasi anak, guru PAUD wajib memahami perkembangan anak dengan baik dan juga cara-cara menilainya. Di samping itu, untuk mendukung keseluruhan pembelajaran lebih bermakna, para guru juga perlu melibatkan
orang tua/keluarga serta lingkungan secara optimal.Dengan upaya yang optimal tersebut, diperlukan setiap anak yang dilayani disetiap satuan PAUD sanggup mencapai tingkat perkembangan yang terbaik sehingga hasilnya mereka sanggup memasuki tingkat pendidikan selanjutnya dengan kematangan dan kesiapan kompetensi serta berkepribadian yang memadai.
Download RPPH PAUD usia 3-4 tahun kurikulum 2013 semester 1 dan 2 terbaru
Jika semua pembahasan diatas lebih gampang untuk dipahami kini eksklusif saja menuju kepokok pembahasan.diakhir halaman sudah kami sediakan format file juga link download yang berkaitan penuh dengan RPPH PAUD usia 3-4 tahun kurikulum 2013 semester 1 dan 2 terbaru,file tsb bisa didapatkan secara gratis bagi siapa saja yang membutuhkan.
planning pelaksanaan pembelajaran harian (RPPH) untuk sistem dan cara kerjanya hampir sama dengan planning kerja harian (RKH).jadi klarifikasi mengenain RPPH dan RKH itu hampir sama tetapi kalau dilihat dari sisi lain ada perbedaan dari RPPH dan RKH.RPPH PAUD di didesain oleh tenaga pengajar pada satuan pendidikan jenjang PAUD untuk pembelajaran pada setiap harinya,dan RKH sendiri dibentuk atau di desain untuk diadaptasi dengan planning kerja harian.susunan RPPH PAUD tersebut tidaklah harus baku atau tetap,namun harus meliputi komponen yang harus
ditetapkan.atau lebih jelasnya Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Harian (RPPH) yaitu unit perencanaan terkecil yang dibentuk untuk dipakai dan memandu kegiatan dalam satu hari.RPPH disusun menurut RPP Mingguan yang berisi kegiatan–kegiatan yang dipilih dari indikator
yang direncanakan untuk satu hari sesuai dengan tema dan subtema.Penulisan RPPH diadaptasi dengan model atau pendekatan yang telah ditentukan atau dipilih serta diadaptasi dengan jenis kegiatan atau Metode/Strategi, pada ketika pembuatan planning kegiatan mingguan. RPPH memuat identitas lembaga,tema/sub tema, kelompok usia, alokasi waktu, kegiatan belajar(pembukaan, inti, penutup), indikator pencapaian perkembangan,media, dan sumber belajar.
Berikut yaitu komponen RPH/RPPH PAUD :
- Identitas Program
- Materi
- Alat dan Bahan
- Kegiatan Pembuka
- Kegiatan Inti
- Kegiatan Penutup
- Rencana Penilaian
1.Identitas program
A.memuat satuan PAUD yang akan terhubung dalam RPPH
B.semeter/hari/tanggal/minggu/bulan
C.penerapan tema dan subtema yang akan disusun kedalam aktivitas semester
D.membuat kelompok anak ditentukan dalam usia
2.Materi
materi harus sejalan dengan tujuan yang sudah terdapat di RPPM,serta dalam pengembangan perilaku yang sudah dituliskan di RPP harus masuk dalam SOP dan eksklusif hubungkan menjadi kegiatan rutin dan terapkan melalui pembelajaran setiap harinya.
Materi yang Masuk dalam Pembiasaan
- Bersyukur sebagai ciptaan Tuhan
- Mengucapkan salam masuk dalam SOP penyambutan dan penjemputan
- Doa sebelum berguru dan mengenal hukum masuk ke dalam SOP pembukaan
- Mencuci tangan dan menggosok gigi masuk dalam SOP sebelum dan setelah makan.
alat dan materi sangat bekerjasama terkait dengan melaksanakan kegiatan yang akan guru didik kelola setiap harinya dan juga harus ditata secara baik dan lengkap supaya menarik minat berguru si anak
CONTOH alat dan materi untuk subtema tubuhku
- Kegiatan menciptakan bingkai foto diri membutuhkan: lidi/irisan bambu/stik es krim,kertas, lem, kertas warna warni (merah, biru, kuning).
- Kegiatan menciptakan boneka foto diri dari tanah liat membutuhkan: kertas koran untuk alas, tanah liat, dan celemek untuk menutup baju anak.
- Kegiatan menciptakan membutuhkan shuttlecock bekas, kertas warna warni,lem, dan asesoris mata.
- Kegiatan meng gunting dan menempel(kolase) gambar anggo badan membutuhkan pola anggota tubuh,lem,potongan anggota badan untuk menempel,dan gunting.
kegiatan pembuka ditujukan supaya membantu membangun minat si anak juga mengenalkan kegiatan bermain yang sudah disiapkan,kegiatan pembuka juga sangat penting untuk mengenalkan materi pembelajaran.
Contoh Kegiatan Pembukaan di RPPH untuk subtema tubuhku
- Bernyanyi “ Aku Ciptaan Tuhan”
- Doa sebelum belajar
- Membacakan buku cerita
- Mengenalkan hukum bermain
- Berdiskusi bagian-bagian tubuh, fungsi, dan cara merawat tubuh. Diskusi yang harus dilakukan sebagai rasa terima kasih terhadap Tuhan atas tubuhnya.
kegiatan inti harus menerapkan pendekatan saintifik 5M yakni
- mengamati
- menanya
- mencoba
- menalar
- mengkomunikasikan
- Kegiatan Penutup
Kegiatan Inti untuk RPPH subtema tubuhku Model Sentra Seni
A. Anak diajak untuk mengamati alat dan materi yang disediakan
B. Anak diberi kesempatan untuk bertanya ihwal konsep warna dan bentuk yang ada di alat dan bahan.
C. Guru menanyakan konsep warna dan bentuk yang pernah ditemukan anak didalam kehidupan sehari-hari
D. Anak melaksanakan kegiatan sesuai yang diminati dan gagasannya:
- Kegiatan 1: Membuat bingkai foto diri dari lidi.
- Kegiatan 2: Membuat boneka foto diri dari tanah liat.
- Kegiatan 3: Membuat boneka diri dari shuttlecock.
- Kegiatan 4: Membuat kolase (menggunting dan menempel) anggota diri.
6.Kegiatan Penutup
yang terperinci Kegiatan epilog dilakukan diakhir kegiatan dalam susunan komponen RPPH,kegiatan epilog juga sanggup diisi dengan kegiatan rutin untuk membangun sikap,juga minat si anak selanjutnya
7.Rencana penilaian
dan yang terakhir yaitu planning evaluasi dimana dalam waktu pembelajaran yang sudah diterapkan di inti awal komponen RPPH anda bisa melihat kelebihan si anak dalam memproses kegiatan ini dari awal dan juga memilih minat anak tergantung kelebihan dan kapasitas anak.
Kemampuan berguru anak di forum pendidikan, khususnya di forum PAUD, perlu disiapkan dengan seksama melalui layanan pembelajaran dan evaluasi yang efektif. Pembelajaran dan evaluasi yang efektif yaitu pembelajaran dan evaluasi yang terus-menerus dilakukan secara optimal.Hal ini sesuai dengan perkembangan anak yang bersifat dinamis. Untuk selanjutnya,
hasil pembelajaran dan evaluasi akan menjadi tumpuan bagi pengembangan perencanaan pembelajaran selanjutnya. Dengan demikian, pembelajaran menjadi suatu siklus utuh antara penilaian, perencanaan, dan pelaksanaan yang berlangsung secara berkesinambungan.Untuk sanggup menjaga siklus utuh di atas secara berkualitas dan terus-menerus dalam memfasilitasi anak, guru PAUD wajib memahami perkembangan anak dengan baik dan juga cara-cara menilainya. Di samping itu, untuk mendukung keseluruhan pembelajaran lebih bermakna, para guru juga perlu melibatkan
orang tua/keluarga serta lingkungan secara optimal.Dengan upaya yang optimal tersebut, diperlukan setiap anak yang dilayani disetiap satuan PAUD sanggup mencapai tingkat perkembangan yang terbaik sehingga hasilnya mereka sanggup memasuki tingkat pendidikan selanjutnya dengan kematangan dan kesiapan kompetensi serta berkepribadian yang memadai.
Download RPPH PAUD usia 3-4 tahun kurikulum 2013 semester 1 dan 2 terbaru
Jika semua pembahasan diatas lebih gampang untuk dipahami kini eksklusif saja menuju kepokok pembahasan.diakhir halaman sudah kami sediakan format file juga link download yang berkaitan penuh dengan RPPH PAUD usia 3-4 tahun kurikulum 2013 semester 1 dan 2 terbaru,file tsb bisa didapatkan secara gratis bagi siapa saja yang membutuhkan.
RPPH PAUD usia 3-4 tahun kurikulum 2013 semester 1 dan 2 terbaru kel B semester 2.word
Atau
RPPH PAUD usia 3-4 tahun K13 sem 1 ahad ke 1-8.word
RPPH PAUD usia 3-4 tahun K13 sem 1 ahad ke 9-16.word
RPPH PAUD usia 3-4 tahun K13 sem 2 ahad ke 1-8.word
RPPH PAUD usia 3-4 tahun K13 sem 2 ahad ke 9-16.word
Atau
RPPH PAUD usia 3-4 tahun K13 sem 1 ahad ke 1-8.word
RPPH PAUD usia 3-4 tahun K13 sem 1 ahad ke 9-16.word
RPPH PAUD usia 3-4 tahun K13 sem 2 ahad ke 1-8.word
RPPH PAUD usia 3-4 tahun K13 sem 2 ahad ke 9-16.word
demikian artikel yang bisa kami buat ihwal RPPH PAUD usia 3-4 tahun kurikulum 2013 semester 1 dan 2 terbaru,berharap besar dengan adanya RPPH PAUD dengan sistem kurikulum 2013 bisa bermanfaat dan membantu guru paud dalam menyusun RPPH yang baik dan benar.dan jangan lupa share artikel ini supaya orang lain yang membutuhkan materi materinya bisa mendapatkannya juga terima kasih.
Post a Comment for "Rpph Paud Usia 3-4 Tahun Kurikulum 2013 Semester 1 Dan 2 Terbaru"