Rpph Paud Usia 5-6 Tahun Kurikulum 2013 Semester 1 Dan 2
berikut ialah RPPH PAUD usia 5-6 tahun kurikulum 2013 semester 1 dan 2.materi terkait sengaja admin bagikan untuk membantu guru,khususnya guru PAUD dalam menyusun/menyiapkan RPPH.RPPH merupakan perangkat yang harus disusun dan dipersiapkan sebelum kegiatan pembelajaran dilakukan.untuk planning pelaksanaan pembelajaran harian merupakan sebuah contoh untuk mengelola kegiatan bermain dalam kurun waktu 1 hari yang disingkat menjadi RPPH.
Rencana pelaksanaan pembelajaran harian (RPPH) untuk sistem dan cara kerjanya hampir sama dengan planning kerja harian (RKH).jadi klarifikasi mengenain RPPH dan RKH itu hampir sama tetapi bila dilihat dari sisi lain ada perbedaan dari RPPH dan RKH.RPPH PAUD di didesain oleh tenaga pengajar pada satuan pendidikan jenjang PAUD untuk pembelajaran pada setiap harinya,dan RKH sendiri dibentuk atau di desain untuk diubahsuaikan dengan planning kerja harian.susunan RPPH PAUD tersebut tidaklah harus baku atau tetap,namun harus meliputi komponen yang harus ditetapkan.
Berikut ialah komponen RPH/RPPH PAUD :
1.Identitas Program
2.Materi
3.Alat dan Bahan
4.Kegiatan Pembuka
5.Kegiatan Inti
6.Kegiatan Penutup
7.Rencana Penilaian
Penjelasan dalam setiap komponen RPPH
1.Identitas program
A.memuat satuan PAUD yang akan terhubung dalam RPPH
B.semeter/hari/tanggal/minggu/bulan
C.penerapan tema dan subtema yang akan disusun kedalam aktivitas semester
D.membuat kelompok anak ditentukan dalam usia
2.Materi
materi harus sejalan dengan tujuan yang sudah terdapat di RPPM,serta dalam pengembangan perilaku yang sudah dituliskan di RPP harus masuk dalam SOP dan pribadi hubungkan menjadi kegiatan rutin dan terapkan melalui pembelajaran setiap harinya.
3.Alat dan bahan
alat dan materi sangat berafiliasi terkait dengan melaksanakan kegiatan yang akan guru didik kelola setiap harinya dan juga harus ditata secara baik dan lengkap semoga menarik minat mencar ilmu si anak
4.Kegiatan pembuka
kegiatan pembuka ditujukan semoga membantu membangun minat si anak juga mengenalkan kegiatan bermain yang sudah disiapkan,kegiatan pembuka juga sangat penting untuk mengenalkan materi pembelajaran.
5.Kegiatan inti
kegiatan inti harus menerapkan pendekatan saintifik 5M yakni
yang terperinci Kegiatan epilog dilakukan diakhir kegiatan dalam susunan komponen RPPH,kegiatan epilog juga sanggup diisi dengan kegiatan rutin untuk membangun sikap,juga minat si anak selanjutnya
7.Rencana penilaian
dan yang terakhir ialah planning evaluasi dimana dalam waktu pembelajaran yang sudah diterapkan di inti awal komponen RPPH anda bisa melihat kelebihan si anak dalam memproses kegiatan ini dari awal dan juga memilih minat anak tergantung kelebihan dan kapasitas anak.
Contoh planning evaluasi sanggup dipelajari pada contoh RPPH berikut ini:
Contoh 1
Model Sentra Seni
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Harian (RPPH) Taman Kanak-Kanak Kenanga
Semester / Bulan/Minggu ke: 1/Juli/2
Hari / Tanggal: Senin /14 Juli 2015
Kelompok / Usia: B/5 – 6 Tahun
Tema / Subtema: Diriku/Tubuhku
Materi dalam kegiatan:
1. Doa sebelum dan setelah belajar
2. Nama anggota tubuh, fungsi anggota tubuh, dan cara merawatnya,
3. Pengelompokan menurut warna (merah, biru, kuning)
4. (Catatan: materi pengelompokan menurut bentuk dan jumlah bilangan disampaikan pada hari berikutnya)
5. Lagu “ Aku Ciptaan Tuhan”
Materi yang masuk dalam pembiasaan
1. Bersyukur sebagai ciptaan Tuhan
2. Mengucapkan salam masuk dalam SOP penyambutan dan penjemputan
3. Doa sebelum mencar ilmu dan mengenal hukum masuk ke dalam SOP pembukaan
4. Mencuci tangan dan menggosok gigi masuk dalam SOP sebelum dan setelah makan.
Alat dan Bahan
1. Lidi/irisan bambu/stik es krim, kertas, lem, kertas warna-warni untuk kegiatan membuat bingkai
foto diri warna merah, biru, kuning.
2. Kertas Koran untuk alas, tanah liat, celemek untuk menutup baju anak untuk kegiatan membuat
boneka foto diri dari tanah liat.
3. Shuttlecock (Kok bulu tangkis) bekas, kertas warna warni, lem, asesoris mata untuk kegiatan membuat boneka diri.
4. Gambar anggota tubuh, lem, kertas/kain fl anel,gunting,potongan anggota.
Kegiatan Pembukaan
1. Bernyanyi “Aku Ciptaan Tuhan”.
CONTOH:Aku Ciptaan Tuhan
Penggubah: NN
1 1 4 4 4 4 4 3 4 5
Ma ta mu yang mu ngil ja ga lah
1 1 5 5 5 5 5 4 5 6
Ja ngan sam pai me li hat yang sa lah
6 6 6# 6# 6# 6 2 6# 6# 6 6 6 5 4
Ka re na Tu han yang Esa te lah men cip ta kan nya
6 6 5 5 5 4 3 2 3 4
Ma ta mu yang mu ngil ja ga lah
"Mulutmu yang mungil jagalah Jangan hingga bicara yang salah Karena Tuhan Yang Esa telah menciptakannya Mulutmu yang mungil jagalah Tanganmu yang mungil jagalah Jangan hingga ke daerah yang salah Karena Tuhan Yang Esa telah menciptakannya Kakimu yang mungil jagalah"
2. Doa sebelum belajar.
3. Mengenalkan hukum bermain.
4. Berdiskusi bagian-bagian tubuh, fungsi, dan cara merawat badan Diskusi yang harus dilakukan sebagai rasa terima kasih terhadap Tuhan atas tubuhnya.
5. Berdiskusi wacana pengelompokan warna (merah, biru, kuning).
Kegiatan Inti
1. Guru mengajak anak mengamati alat dan materi yang disediakan.
2. Guru menanyakan konsep warna dan bentuk yang ada di alat dan bahan.
3. Guru menanyakan kepada anak dimana mereka pernah menemukan konsep tersebut.
4. Guru mempersilakan anak mengelompokkan alat dan materi sesuai dengan konsep yang dipahami anak.
5. Anak melaksanakan kegiatan sesuai dengan yang diminati dan gagasannya.
a. Kegiatan 1: Membuat bingkai foto diri dari lidi.
b. Kegiatan 2: Membuat boneka foto diri dari tanah liat.
c. Kegiatan 3: Membuat boneka diri dari shuttlecock.
d. Kegiatan 4: Membuat kolase (menggunting dan menempel)anggota diri.
6. Anak menceritakan kegiatan main yang dilakukannya
7. Guru menanyakan konsep yang ditemukan anak di kegiatan mainnya
Kegiatan Penutup
1. Menanyakan perasaan selama hari ini
2. Berdiskusi kegiatan apa saja yang sudah dimainkan hari ini,mainan apa yang paling disukai, dll.
3. Menanyakan perasaan selama hari ini
4. Memberikan kiprah kepada anak untuk dilakukan di rumah yakni menanyakan kepada orang tuanya wacana daerah lahir, tanggal lahir, siapa yang menolong kelahiran, dst.
5. Bercerita pendek yang berisi pesan-pesan
6. Menginformasikan kegiatan untuk esok hari
7. Berdoa setelah belajar.
Rencana Penilaian
1. Indikator Penilaian:
Program
Pengembangan,KD,INDIKATOR
Nilai Agama dan Moral 1.1 3.1-4.1
- Anak terbiasa bersyukur dirinya sebagai ciptaan Tuhan
- Anak sanggup berdoa sebelum dan setelah belajar
Motorik 2.1 3.3 - 4.3
- Anak terbiasa mencuci tangan dan menggosok gigi
- Anak sanggup menyebutkan nama anggota tubuh, fungsi anggota tubuh, cara merawat
Sosem 2.5 2.6
- Anak terbiasa memberi salam
- Anak terbiasa mengikuti aturan
Kognitif 3.6-4.6
- Anak sanggup mengelompokkan menurut warna (merah, biru, kuning)
Bahasa 2.14,3.10-4.10
- Anak terbiasa berlaku ramah
- Anak memahami dongeng yang dibacakan
Seni 3.15-4.15 - Anak sanggup menyanyikan lagu “Aku Ciptaan Tuhan”
2. Teknik evaluasi yang akan digunakan:
- Catatan hasil karya
- Catatan anekdotal, dan
- Skala capaian perkembangan (rating scale)
Penutup
Kemampuan mencar ilmu anak di forum pendidikan, khususnya di forum PAUD, perlu disiapkan dengan seksama melalui layanan pembelajaran dan evaluasi yang efektif. Pembelajaran dan evaluasi yang efektif ialah pembelajaran dan evaluasi yang terus-menerus dilakukan secara optimal.Hal ini sesuai dengan perkembangan anak yang bersifat dinamis. Untuk selanjutnya,
hasil pembelajaran dan evaluasi akan menjadi tumpuan bagi pengembangan perencanaan pembelajaran selanjutnya. Dengan demikian, pembelajaran menjadi suatu siklus utuh antara penilaian, perencanaan, dan pelaksanaan yang berlangsung secara berkesinambungan.Untuk sanggup menjaga siklus utuh di atas secara berkualitas dan terus-menerus dalam memfasilitasi anak, guru PAUD wajib memahami perkembangan anak dengan baik dan juga cara-cara menilainya. Di samping itu, untuk mendukung keseluruhan pembelajaran lebih bermakna, para guru juga perlu melibatkan
orang tua/keluarga serta lingkungan secara optimal.Dengan upaya yang optimal tersebut, diperlukan setiap anak yang dilayani di setiap satuan PAUD sanggup mencapai tingkat perkembangan yang terbaik sehingga hasilnya mereka sanggup memasuki tingkat pendidikan selanjutnya dengan kematangan dan kesiapan kompetensi serta berkepribadian yang memadai.
RPPH PAUD Usia 2-3 Tahun Kurikulum 2013 Semester 1 Dan 2
RPPH PAUD Usia 3-4 Tahun Kurikulum 2013 Semester 1 Dan 2
RPPH PAUD Usia 4-5 Tahun Kurikulum 2013 Semester 1 Dan 2
Rencana pelaksanaan pembelajaran harian (RPPH) untuk sistem dan cara kerjanya hampir sama dengan planning kerja harian (RKH).jadi klarifikasi mengenain RPPH dan RKH itu hampir sama tetapi bila dilihat dari sisi lain ada perbedaan dari RPPH dan RKH.RPPH PAUD di didesain oleh tenaga pengajar pada satuan pendidikan jenjang PAUD untuk pembelajaran pada setiap harinya,dan RKH sendiri dibentuk atau di desain untuk diubahsuaikan dengan planning kerja harian.susunan RPPH PAUD tersebut tidaklah harus baku atau tetap,namun harus meliputi komponen yang harus ditetapkan.
Berikut ialah komponen RPH/RPPH PAUD :
1.Identitas Program
2.Materi
3.Alat dan Bahan
4.Kegiatan Pembuka
5.Kegiatan Inti
6.Kegiatan Penutup
7.Rencana Penilaian
Penjelasan dalam setiap komponen RPPH
1.Identitas program
A.memuat satuan PAUD yang akan terhubung dalam RPPH
B.semeter/hari/tanggal/minggu/bulan
C.penerapan tema dan subtema yang akan disusun kedalam aktivitas semester
D.membuat kelompok anak ditentukan dalam usia
2.Materi
materi harus sejalan dengan tujuan yang sudah terdapat di RPPM,serta dalam pengembangan perilaku yang sudah dituliskan di RPP harus masuk dalam SOP dan pribadi hubungkan menjadi kegiatan rutin dan terapkan melalui pembelajaran setiap harinya.
3.Alat dan bahan
alat dan materi sangat berafiliasi terkait dengan melaksanakan kegiatan yang akan guru didik kelola setiap harinya dan juga harus ditata secara baik dan lengkap semoga menarik minat mencar ilmu si anak
4.Kegiatan pembuka
kegiatan pembuka ditujukan semoga membantu membangun minat si anak juga mengenalkan kegiatan bermain yang sudah disiapkan,kegiatan pembuka juga sangat penting untuk mengenalkan materi pembelajaran.
5.Kegiatan inti
kegiatan inti harus menerapkan pendekatan saintifik 5M yakni
- mengamati
- menanya
- mencoba
- menalar
- mengkomunikasikan
yang terperinci Kegiatan epilog dilakukan diakhir kegiatan dalam susunan komponen RPPH,kegiatan epilog juga sanggup diisi dengan kegiatan rutin untuk membangun sikap,juga minat si anak selanjutnya
7.Rencana penilaian
dan yang terakhir ialah planning evaluasi dimana dalam waktu pembelajaran yang sudah diterapkan di inti awal komponen RPPH anda bisa melihat kelebihan si anak dalam memproses kegiatan ini dari awal dan juga memilih minat anak tergantung kelebihan dan kapasitas anak.
Contoh planning evaluasi sanggup dipelajari pada contoh RPPH berikut ini:
Contoh 1
Model Sentra Seni
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Harian (RPPH) Taman Kanak-Kanak Kenanga
Semester / Bulan/Minggu ke: 1/Juli/2
Hari / Tanggal: Senin /14 Juli 2015
Kelompok / Usia: B/5 – 6 Tahun
Tema / Subtema: Diriku/Tubuhku
Materi dalam kegiatan:
1. Doa sebelum dan setelah belajar
2. Nama anggota tubuh, fungsi anggota tubuh, dan cara merawatnya,
3. Pengelompokan menurut warna (merah, biru, kuning)
4. (Catatan: materi pengelompokan menurut bentuk dan jumlah bilangan disampaikan pada hari berikutnya)
5. Lagu “ Aku Ciptaan Tuhan”
Materi yang masuk dalam pembiasaan
1. Bersyukur sebagai ciptaan Tuhan
2. Mengucapkan salam masuk dalam SOP penyambutan dan penjemputan
3. Doa sebelum mencar ilmu dan mengenal hukum masuk ke dalam SOP pembukaan
4. Mencuci tangan dan menggosok gigi masuk dalam SOP sebelum dan setelah makan.
Alat dan Bahan
1. Lidi/irisan bambu/stik es krim, kertas, lem, kertas warna-warni untuk kegiatan membuat bingkai
foto diri warna merah, biru, kuning.
2. Kertas Koran untuk alas, tanah liat, celemek untuk menutup baju anak untuk kegiatan membuat
boneka foto diri dari tanah liat.
3. Shuttlecock (Kok bulu tangkis) bekas, kertas warna warni, lem, asesoris mata untuk kegiatan membuat boneka diri.
4. Gambar anggota tubuh, lem, kertas/kain fl anel,gunting,potongan anggota.
Kegiatan Pembukaan
1. Bernyanyi “Aku Ciptaan Tuhan”.
CONTOH:Aku Ciptaan Tuhan
Penggubah: NN
1 1 4 4 4 4 4 3 4 5
Ma ta mu yang mu ngil ja ga lah
1 1 5 5 5 5 5 4 5 6
Ja ngan sam pai me li hat yang sa lah
6 6 6# 6# 6# 6 2 6# 6# 6 6 6 5 4
Ka re na Tu han yang Esa te lah men cip ta kan nya
6 6 5 5 5 4 3 2 3 4
Ma ta mu yang mu ngil ja ga lah
"Mulutmu yang mungil jagalah Jangan hingga bicara yang salah Karena Tuhan Yang Esa telah menciptakannya Mulutmu yang mungil jagalah Tanganmu yang mungil jagalah Jangan hingga ke daerah yang salah Karena Tuhan Yang Esa telah menciptakannya Kakimu yang mungil jagalah"
2. Doa sebelum belajar.
3. Mengenalkan hukum bermain.
4. Berdiskusi bagian-bagian tubuh, fungsi, dan cara merawat badan Diskusi yang harus dilakukan sebagai rasa terima kasih terhadap Tuhan atas tubuhnya.
5. Berdiskusi wacana pengelompokan warna (merah, biru, kuning).
Kegiatan Inti
1. Guru mengajak anak mengamati alat dan materi yang disediakan.
2. Guru menanyakan konsep warna dan bentuk yang ada di alat dan bahan.
3. Guru menanyakan kepada anak dimana mereka pernah menemukan konsep tersebut.
4. Guru mempersilakan anak mengelompokkan alat dan materi sesuai dengan konsep yang dipahami anak.
5. Anak melaksanakan kegiatan sesuai dengan yang diminati dan gagasannya.
a. Kegiatan 1: Membuat bingkai foto diri dari lidi.
b. Kegiatan 2: Membuat boneka foto diri dari tanah liat.
c. Kegiatan 3: Membuat boneka diri dari shuttlecock.
d. Kegiatan 4: Membuat kolase (menggunting dan menempel)anggota diri.
6. Anak menceritakan kegiatan main yang dilakukannya
7. Guru menanyakan konsep yang ditemukan anak di kegiatan mainnya
Kegiatan Penutup
1. Menanyakan perasaan selama hari ini
2. Berdiskusi kegiatan apa saja yang sudah dimainkan hari ini,mainan apa yang paling disukai, dll.
3. Menanyakan perasaan selama hari ini
4. Memberikan kiprah kepada anak untuk dilakukan di rumah yakni menanyakan kepada orang tuanya wacana daerah lahir, tanggal lahir, siapa yang menolong kelahiran, dst.
5. Bercerita pendek yang berisi pesan-pesan
6. Menginformasikan kegiatan untuk esok hari
7. Berdoa setelah belajar.
Rencana Penilaian
1. Indikator Penilaian:
Program
Pengembangan,KD,INDIKATOR
Nilai Agama dan Moral 1.1 3.1-4.1
- Anak terbiasa bersyukur dirinya sebagai ciptaan Tuhan
- Anak sanggup berdoa sebelum dan setelah belajar
Motorik 2.1 3.3 - 4.3
- Anak terbiasa mencuci tangan dan menggosok gigi
- Anak sanggup menyebutkan nama anggota tubuh, fungsi anggota tubuh, cara merawat
Sosem 2.5 2.6
- Anak terbiasa memberi salam
- Anak terbiasa mengikuti aturan
Kognitif 3.6-4.6
- Anak sanggup mengelompokkan menurut warna (merah, biru, kuning)
Bahasa 2.14,3.10-4.10
- Anak terbiasa berlaku ramah
- Anak memahami dongeng yang dibacakan
Seni 3.15-4.15 - Anak sanggup menyanyikan lagu “Aku Ciptaan Tuhan”
2. Teknik evaluasi yang akan digunakan:
- Catatan hasil karya
- Catatan anekdotal, dan
- Skala capaian perkembangan (rating scale)
Kemampuan mencar ilmu anak di forum pendidikan, khususnya di forum PAUD, perlu disiapkan dengan seksama melalui layanan pembelajaran dan evaluasi yang efektif. Pembelajaran dan evaluasi yang efektif ialah pembelajaran dan evaluasi yang terus-menerus dilakukan secara optimal.Hal ini sesuai dengan perkembangan anak yang bersifat dinamis. Untuk selanjutnya,
hasil pembelajaran dan evaluasi akan menjadi tumpuan bagi pengembangan perencanaan pembelajaran selanjutnya. Dengan demikian, pembelajaran menjadi suatu siklus utuh antara penilaian, perencanaan, dan pelaksanaan yang berlangsung secara berkesinambungan.Untuk sanggup menjaga siklus utuh di atas secara berkualitas dan terus-menerus dalam memfasilitasi anak, guru PAUD wajib memahami perkembangan anak dengan baik dan juga cara-cara menilainya. Di samping itu, untuk mendukung keseluruhan pembelajaran lebih bermakna, para guru juga perlu melibatkan
orang tua/keluarga serta lingkungan secara optimal.Dengan upaya yang optimal tersebut, diperlukan setiap anak yang dilayani di setiap satuan PAUD sanggup mencapai tingkat perkembangan yang terbaik sehingga hasilnya mereka sanggup memasuki tingkat pendidikan selanjutnya dengan kematangan dan kesiapan kompetensi serta berkepribadian yang memadai.
Download contoh klarifikasi RPPH PAUD kurikulum 2013
Jika semua pembahasan diatas lebih gampang untuk dipahami kini pribadi saja menuju kepokok pembahasan.diakhir halaman sudah admin sediakan file yang berkaitan penuh dengan RPPH PAUD usia 5-6 tahun kurikulum 2013 semester 1 dan 2,file tsb bisa didapatkan secara gratis bagi siapa saja yang memerlukan.demikian artikel yang bisa saya buat,berharap besar dengan adanya RPPH PAUD dengan sistemnya kurikulum 2013 bisa bermanfaat dan membantu guru paud dalam menyusun RPPH yang baik dan benar. Baca Juga Artikel Terkait:
RPPH PAUD Usia 3-4 Tahun Kurikulum 2013 Semester 1 Dan 2
RPPH PAUD Usia 4-5 Tahun Kurikulum 2013 Semester 1 Dan 2
Post a Comment for "Rpph Paud Usia 5-6 Tahun Kurikulum 2013 Semester 1 Dan 2"